Halaman

Minggu, 13 Januari 2013

Cara Upgrade Firmware Nokia E63 Menggunakan JAF (offline mode) 07:23 Nan Sevenfoldism

Setelah beberapa hari yang lalu sempat tertunda-tunda mau posting Cara Upgrade Firmware Nokia E63 Menggunakan JAF. Akhirnya di pagi ini sempat juga saya post. Di tutorial sebelumnya saya sudah posting cara upgrade nokia dengan Nokia Software Updater. Nah diposting kali ini saya post Upgrade Firmware Nokia dengan JAF. Apa kelebiahan Upgrade dengan JAF.? Upgrade menggunakan JAF yang saya anggap paling mudah dan effisien. Pertama bisa memilih versi firmware yang hendak mau kita gunakan (dengan mendownloadnya menggunakan Navifirm) dan kedua bisa digunakan untuk ponsel yang mati sekalipun.(Mati karena software) bukan karna Hardware. Bandingkan dengan Nokia Software Updater yang langsung saja mengupgrade firmware ponsel kita ke versi terbaru dan ponsel harus dalam kondisi menyala. Dengan melihat kelebihan diatas mungkin temen-temen tertarik pengen Upgrade atau Flashing dengan JAF. Jika tertarik bisa ikuti tutorial dibawah ini. *Di tutorial ini saya coba upgrade HP Nokia E63*

Beberapa peralatan yang perlu kita siapkan untuk memulai proses upgrade adalah sebagai berikut :
  •  Sebuah PC atau Notebook .Saya sarankan untuk menggunakan Notebook untuk menghindari mati listrik di tengah-tengah proses upgrade.
  •  Nokia PC Suite. JAF memerlukan driver PC Suite untuk mengenali ponsel Nokia kamu. Bisa didapat disini
  • Kabel Data (USB yang sesuai tipe HP nokia kamu)
  • Software Navifirm.Buat download firmware nokianya,silakan baca tutorialnya disini.sekalian download softwarenya navifirm-nya.
  • Net Framework. Penting supaya Navifirm bisa berjalan. Gunakan Net Framework versi 2.0 minimal atau lebih tinggi. jika belum punya bisa download disini.
  • Software JAF. download disini.
Setelah semua peralatan di atas tersedia,marilah kita mulai proses upgrade-nya.Tentu saja yang pertama harus kita lakukan adalah menginstall PC Suite,kemudian memastikan versi .Net Framework (jika sudah memiliki versi 2.0 atau lebih tinggi.
Nah, jika file firmware sudah tersedia, Mari kita menuju ke proses upgrade.
  • Back up dulu data-data ponsel dengan menggunakan PC Suite.
  • Baterai ponsel berisi minimal 50% atau lebih.charge dulu.Kalau bisa,usahakan baterai ponsel dalam keadaan full
  • Instal file JAF. Silakan ekstrak file zip tersebut dan akan memperoleh dua file,yaitu JAFSetup_1.98.62.exe dan OGM_JAF_PKEY_Emulator_v 5.exe.Silakan install file JAFsetup_1.98.62.exe tadi.Jika kalian mendapatkan pertanyaan untuk mengganti driver PC Suite dengan driver bawaan JAF, lebih baik pilih NO.
  • Letakkan semua file firmware di C:\Program files\Nokia\Phoenix\Products\RM-***.Jika folder-folder tersebut tidak tersedia buatlah sendiri folder tersebut dan *** adalah RM dari ponsel, buat sesuai RM ponsel.Sebagai contoh untuk Nokia E63 adalah RM-437.
  • Hubungkan ponsel ke Notebook atau PC dengan menggunakan kabel data. Pilih mode PC Suite.
  • Jalankan OGM_JAF_PKEY_Emulator_v5.exe tadi. Pada step 1, pilih Random PKEY Raskal SN. Pada step 2, pilih JAF main dan pada step 3 Klik tab GO (launched selected EXE).
  •  Akan muncul pesan error (Box Driver Not Installed), klik saja OK. JAF akan terbuka dan pilihlah tab BB5.
  •  Hilangkan centang pada CRT 308 dan centang pada Manual Flash, Dead USB dan Use INI. Centang pada Normal Mode sebaiknya dibiarkan saja. Akan muncul sebuah windows berupa tipe-tipe ponsel yang akan di upgrade.Pilih tipe ponsel kamu.lalu OK.
  • Lalu akan terlihat pada MCU, PPM, CNT dan APE Variant berubah jadi hijau muda.
  • Kemudian matikan ponsel dan klik tombol Flash
.Akan muncul di JAF perintah untuk menekan tombol power ponsel.Tekan tombol power tanpa ditahan (karena bukan untuk menghidupkan ponsel).Pada ponsel S60v3 atau seri lain yang biasanya lampu D-Pad-nya menyala lebih dulu saat dihidupkan, maka jadikan lampu D-Pad sebagai patokan. Jadi tekan sampai lampu D-Pad menyala walau hanya sekejap, ponsel pasti akan terdeteksi. Jika belum klik lagi tombol Flash. Setelah ponsel kamu terdeteksi proses flashingpun dimulai dan berakhir dengan penuhnya process bar serta ada notifikasi Done pada JAF.
 Jika proses Flashing sudah selesai tinggal nyalakan ponsel nokia kamu. Dan selamat ponsel Nokia kamu memiliki firmware terbaru..
Cara-cara diatas sudah pernah saya coba dan hasilnya. seperti biasa Sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar