Halaman

Jumat, 28 Desember 2012

Lampu Mati 1110 1110i 1600 2310 6030


Mungkin si ponsel mau dugem sehingga dia bilang DJ Matiin lampunya sebentar dong!!
hahahahha...... kidding, tidak begitu adanya.
Permasalahan ini sering di sebabkan putus jalur. Dan sebagai teknisi hp saya sering ketemu karena water demage / korosi akibat air pada jalur lampu.

Langkah-langkah :

1. Buka chassing hp, ambil (lepas) mika keypad.
2. Hidupkan handphone dan dengan pinset, hubungkan titik A dan B. Led keypad normalnya nyala. Ini menandakan UEM dan Transistor V2401 bagus. Jika handphone dihidupkan, A dan B dihubungkan (dengan pinset) dan led LCD yang nyala, maka led keypad short. Lepas dan ganti led keypad.
Handphone dihidupkan A dan B dihubungkan dan led keypad tidak menyala, Cek led keypad. Led keypad bagus, cek transistor, lepas transistor, hidupkan handphone cek pin KDL (UEM) dengan volt meter, pin ini harus mengeluarkan tegangan sekitar 2,5 s/d 2,8volt (pengecekan pada saat lampu mati / kira-kira 30detik setelah handphone dihidupkan). Jika tidak berarti UEM rusak.
3. Cek semua led, lcd terpasang pada konektor. Beri tegangan pada titik D (0volt / negative baterai) dan titik C (6,5 – 7,5 volt) semua lampu (keypad dan lcd) nyala. Berarti led tidak ada masalah. Setelah D dan C diberi tegangan tadi semua lampu mati, cek per block, keypad dan lcd. Beri tegangan D (0volt) dan B (3volt) untuk mengecek lcd, jika tidak hidup, maka ganti led keypad. Cek lled lcd, biarkan lcd terpasang pada konektor board, beri tegangan B (0volt) dan C (4volt) maka led lcd harus nyala. Jika tidak, cek jalur (buka skema) jika putus jumper/solder ulang kaki konektor.
4. Sampai langkah 3 (UEM, TR dan semua Led baik) lampu tidak nyala. Cek titik E dan VBAT+ jika putus, ganti L. jika L bagus, kerusakan pada driver lampu. Ganti driver lampu dan selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar