Laman

Jumat, 28 Desember 2012

Langkah - Langkah Menangani HP Mati Total Untuk Pemula


HP MATI TOTAL
1. Cek dg ohmmeter pada conector bateray untuk mengetahui HP konslet atau tidak.(dg multimeter pada posisi ohm 1x, letakkan jarum positif pada ground/ board HP dan jarum negatif pada konektor v-bat, jika jarum penunjuk bergerak maka HP konslet karena normalnya tdk bergerak atau sangat kecil dg 10x)
2. Jika HP tidak konslet pasanglah baterai yang isi dan coba di charging lihat responnya, lalu cek dengan disambungkan dg program software di komputer.ke langkah3.
3. Jika di cas normal kemungkinan besar hanya pada persoalan switch on/off yang rusak (penyelesaian : cek jalur on/off jika normal ganti swicth on/off maka HP akan menyala kembali).
4. Jika dicas normal, switch on/off dan jalurnya normal maka HP terjadi kerusakan pada software, lakukan flashing maka masalah akan selesai.
5. Jika HP tdk konslet namun dicas tidak respon sama sekali maka lakukan pengecekan dengan software, jika HP hidup maka HP mengalami 2 kerusakan yaitu :persoalan di switch on/off dan persoalan charging.
6. Jika dicek HP konslet maka 100% hardware mengalami kerusakan – cari penyebab konsletnya (biasa terjadi pada ic cas, ic PA, ic power atau kapasitor disekitarnya) dan ganti dg yang normal setelah selesai dan HP tdk konslet, lakukan langkah sebelumnya.
7. Jika HP tetap tidak mau menyala lakukan pengecekan pada semua jalur v- batt (lihat buku jalur). Jika ada yang putus lakukan penyambungan (jumper).
8. Jika tetap tdk hidup ---- kerusakan ic power, cpu, ic flash (lihat dg diflash) atau mungkin juga crystal ic, rf . dll

1 komentar: