Halaman

Rabu, 19 Desember 2012

Cara Mengetahui Merk Sound Card, Vga, Dengan Software

Kebetulan 4 hari kemarin saya sibuk mengupgrade semua CPU milik saya dengan motherboard dan processor baru +device lainnya. Bodohnya saya lupa meminta kepada penjualnya untuk memberikan driver sehingga saya kebingungan mencari driver untuk jenis hardware yang saya gunakan. Setelah beberapa lama kebingungan mencari informasi saya malah menemukan sebuah trik yang sangat mudah untuk dilakukan oleh semua orang dan akhirnya saya sepakati untuk dishare pada blog ini. Meskipun motherboard berbeda jenis sekalipun dengan software ini kita bisa melakukan analisa yang baik untuk mencari drivernya.
Software ini namanya everest, ada versi gratis (home edition) yang bisa kita gunakan untuk melihat report sebuah produk agar mudah pencarian drivernya. Sebagai contoh ketika saya kebingungan mencari informasi chipset dan soundcard onboard yang semuanya pada BIOS hanya tertulis soundcard onboard saya menggunakan everest untuk mencari informasi jenis motherboardnya dan saya melakukan pencarian drivernya pada website vendor yang bersangkutan.
Sebagai contoh pada gambar dibawah ini saya bisa mengetahui jenis chipset dan mencari driver yang kompatible pada vendor yang bersangkutan…
Direport terlihat jelas bahwa CPU saya menggunakan chipset dari ULi Electronics maka yang perlu saya lakukan adalah mencari driver chipset yang kompatible dengan hardware yang saya miliki agar performa chipset akan maksimal.
Trik ini juga bisa digunakan kalau komputer kalian CD drivernya hilang atau rusak. Ketika (contoh) kalian mau menginstall ulang komputer kalian biasanya windows tidak akan langsung mengenali semua jenis driver yang ada. Hal ini bisa diatasi cukup hanya dengan menggunakan analisa everest semua driver bisa kalian cari sendiri dengan menuju ke website vendor yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar