Laman

Sabtu, 29 Desember 2012

membuat kabel OTG

Kabel OTG ( universal serial bus on the go) adalah kabel multi fungsi yang dapat digunakan pada HP maupun Tablet berbasis Android. Fungsi kabel ini dapat sebagai penghubung penyimpan data ke perangkat Android, misalnya menghubungkan flashdisk atau hardisk external supaya dapat dibaca di perangkat Android. Kabel ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan mouse, keyboard dan juga modem, sehingga alat-alat tersebut dapat digunakan di perangkat Android.
Karena fungsinya yang macam-macam, tentu ini menjadi sesuatu yang penting dan berguna bagi pemilik perangkat Andorid. Harga kabel ini tidak terlalu mahal, hanya sekitar 50 ribu rupiah. Namun yang menjadi kendala adalah, kabel ini jarang dijual di pasaran alias di toko-toko komputer. Biasanya kabel ini memang bawaan dari perangkat Andorid yang kita beli (terutama Tablet).
Kali ini, penulis akan berbagi ilmu bagaimana cara membuat kabel OTG. Hitung-hitung pengiritan, sekaligus menambah ilmu. Mari kita belajar bersama.
Yang dibutuhkan :
1. Solder dan lem tembak
2. Kabel USB Female (yg buat colok flashdisk dan lainnya)
3. Mini USB
Caranya perhatikan rangkaian berikut.
Rangkaian Kabel OTG

Gambar Asli Kabel
USB FEMALE
USB FEMALE

MINI USB
MINI USB
Tinggal bungkus solderannya dengan lem tembak
Tinggal bungkus solderannya dengan lem tembak

Catatan :
Tidak semua android support USB OTG, hal itu dikarenakan tidak semua kernel android support USB OTG, namun jika anda menggunakan kernel yang support OTG, maka anda dapat memanfaatkan USB OTG tersebut. Jadi kesimpulannya, USB OTG tidak bergantung pada type atau merk android anda, namun bergantung dari kernel android anda apakah support atau tidak. Kabel OTG diatas sudah penulis test pada perangkat Tablet  Android ICS dan bisa untuk : Mouse, keyboard, USB bahkan Hardisk External 80Gb.
Selamat mencoba.

1 komentar: